The 3x + 1 Conjecture

Jadi, ceritanya itu besok aku udah test 1 matematika diskrit. Kalo dikatakan siap sih siap, kalo dikatan ga siap sih ga siap. Biasalah, manusiawi. Hhaha. By the way, nih abis baca baca dan nemu rumus unik yang kalo kita masukkan angka apapun, hasilnya 1. Rumusnya simpel kok.
aaaa
Biarkan T adalah fungsi transformasi yang memiliki dua rumus.

Rumus pertama, untuk x angka positif integer. Jika x adalah bilangan ganjil, maka x harus memiliki nilai atau dalam bahasa pascalnya x = 3x + 1.

Rumus kedua, jika x adalah positif integer genap maka x = x/2.

Kita mulai dengan x = 13. T(13)=3•13+1=40. T(40)=40/2=20. T(20)=20/2=10. T(10)=10/2=5. T(5)=3•5+1=16. T(16)=8. T(8)=4. T(4)=2. T(2)=1.

Tuh kan, jadi 1. Pertanyaannya, apa ada yg bisa buktikan ketidak berlakuan rumus ini? hehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s