Mengkoreksi kesalahan. Bukan mengganti.

Memang, mengiyakan kesalahan yang kita buat sendiri adalah hal yang sangat sangat sangat sulit. Oleh karena itu, ketika kita dihadapkan dengan suatu kesalahan yang kita perbuat, rasanya kita sulit menerima kesalahan yang kita perbuat tersebut; seakan-akan, kita ingin menutupi kesalahan tersebut. Apalagi jika ada orang diluar diri kita yang memaksa untuk mengakui kesalahan yang kita perbuat. Susah. Tapi… bagaimanapun, kesalahan worth untuk dipelajari.

Orang mana yang gak mempercayai bahwa beli baru lebih murah daripada memperbaiki? Ketika kita memiliki laptop yang LCD-nya rusak, solusi mana yang lebih murah: memperbaiki, atau beli baru. Meskipun katakan memperbaiki bisa jadi lebih murah, tapi orang bakalan milih untuk beli baru; karena rasanya lebih puas.

Tapi kesalahan bukanlah sesuatu yang bisa dibeli, ataupun dijual bukan?

Banyak orang (termasuk diri saya sendiri), yang lebih memilih menutupi kesalahan, membiarkannya, dan menggantinya, daripada harus mengkoreksi dan mempelajari inti sari dari kesalahan tersebut.

Perceraian?

Ketika orang dihadapi dengan perceraian, banyak yang lebih memilih untuk ‘ganti-baru’ daripada harus ‘memperbaiki’.

Pertemanan?

Ketika terjadi retak, lebih banyak yang memilih ‘meretakkan’ juga daripada ‘melekatkan’ kembali.

Memang, hal-hal diatas bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi dalam kondisi sosio-ekonomi yang seperti sekarang ini. Hoey! Uang adalah segalanya! Selagi uang digenggaman, kita boleh injak orang lain! Begitukah?

Dunia ini benar akan indah jika setiap orang memiliki kesadaran untuk ‘mengkoreksi’, bukan ‘mengganti’. Bukannya mengganti teman dengan teman yang lain jika terjadi keretakan hubungan. Bukannya mengganti pasangan dengan pasangan yang lainnya jika kondisi buruk terjadi. Tapi kita harus mempelajari, sesuatu yang sangat penting, yang bisa kita petik dari dalam pengalaman itu.

Mulailah kita menghargai karakteristik orang. Marilah kita menjaga hubungan baik kita dengan orang lain. Smile

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s